SAR Unpad Kirim Tim untuk Bantu Pencarian Orang Hilang di Gunung Kawi

Setelah kembali dari medan operasi Gunung Lawu, Unit Search and Rescue (SAR) Unpad kembali mendapat berita mengenai pendaki yang hilang di Gunung Kawi, Jawa Timur. Berita tersebut didapat dari beberapa media elektronik dan rekan-rekan yang sering bekerja sama dengan Unit SAR Unpad dalam operasi SAR.

Mendapat informasi tersebut, Unit SAR Unpad melalui Ketua Bidang Operasi, M. Reza Widiatmo langsung mengirimkan tim untuk operasi. Tim yang dibentuk terdiri dari empat orang. Mereka adalah Wishnu Triananda Santoso, Irman Ginanjar, M. Jessie Jean dan M. Nasheer Ramadhan. Setelah berdoa bersama yang dipimpin oleh Miftahul Arifin untuk keselamatan dan kelancaran di medan operasi, tim berangkat dari Unpad pada hari Rabu (13/04/2011) menuju medan operasi Gunung Kawi untuk membantu pencarian.

Seperti yang dikutip dari news.okezone.com, Selasa(12/04), Ahmad Zaroni (18), siswa kelas II Sekolah Menengah Kejuruan Islam (SMK) Kota Blitar, oleh keluarganya dilaporkan hilang ke Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Kabupaten Blitar. Pasalnya, sejak mendaki lereng pegunungan Buthak di wilayah Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar pada Jumat (8/04) lalu, Zaroni belum juga kembali ke rumah.

Dari Informasi yang dihimpun, dua orang siswa kelas II Sekolah Menengah Kejuruan Islam (SMK) Kota Blitar, melakukan pendakian pada Jumat malam sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka adalah Syaiful Anwar (20) dan Ahmad Zaroni (18). Keduanya merencanakan mendaki dan turun pada hari itu juga. Pada saat di perjalanan menuruni gunung, Syaiful terpisah dari Ahmad Zaroni karena dirinya terperosok ke dalam jurang. Namun, jurang yang banyak dijumpai di sekitar pegunungan Buthak itu tidak begitu dalam dan tidak sampai merenggut jiwanya.

Syaiful Anwar bernasib beruntung, walau jatuh ke dalam jurang, dirinya berhasil menemui permukiman. Tepatnya di perkebunan Teh, Syaiful Anwar ditolong oleh warga sekitar. Berbeda dengan Ahmad Zaroni, sampai hari Selasa (12/04) Ahmad Zaroni belum juga kembali ke rumahnya.

Seperti yang dilansir dari mediaindonesia.com, Kepala Bidang Perlengkapan, Penanggulangan, dan Penyelamatan Bakesbanglinmas Kabupaten Blitar, Katidjan, Selasa (12/4), mengatakan bahwa pihaknya hingga kini masih mencari siswa tersebut dengan melibatkan tim SAR gabungan antara daerah dan provinsi.

Untuk itu, seluruh civitas akademika Unpad berdoa untuk keselamatan pendaki dan kelancaran bagi tim yang ada di medan operasi. Diharapkan dengan dikirimnya tim dari Unit SAR Unpad dapat mempercepat proses pencarian dan bisa memberikan kabar gembira bagi keluarga pendaki yang hilang. (mar)*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s