Tim Unit SAR Unpad Membantu Pencarian Orang Hilang di Gunung Lawu

Tiga anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (SAR) Unpad terlibat dalam misi pencarian orang hilang di Gunung Lawu, yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka adalah M.Reza Widiatmo, Oktarian Iskandar, dan M.Deni Panca. Ketiganya berangkat dari Unpad pada hari Selasa (5/04) menuju medan operasi SAR Gunung Lawu untuk membantu pencarian survivor tahap 2.
Seperti yang dikutip dari harian Kompas, Kamis (31/03), Ketua Tim SAR dari Satuan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kabupaten Magetan, Andre Hariyanto mengatakan, seorang pendaki hilang sejak melakukan pendakian pada Jumat (25/03) lalu akibat cuaca buruk yang melanda kawasan setempat. Pendaki yang hilang tersebut bernama Otok Supriyadi (27), warga Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Berdasarkan informasi yang ada, Otok mendaki seorang diri. Ia berniat melakukan pendakian selama dua hari, namun karena diduga cuaca buruk, akhirnya tersesat. Hingga Kamis pagi (31/03), keberadaannya masih belum ditemukan.
Tim SAR gabungan dari Kabupaten Magetan (Jawa Timur) dan Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) yang telah berhasil turun, terpaksa bertahan karena cuaca buruk yang sedang melanda kawasan Gunung Lawu, sejak beberapa hari terakhir. Pencarian pendaki tersebut sempat dihentikan sementara pada hari Minggu (3/04) karena cuaca yang tidak mendukung dan menunggu perkembangan informasi mengenai orang tersebut.
“Kemungkinan bisa selamat sangat kecil. Hal ini dilihat dari kondisi cuaca ekstrem yang melanda Gunung Lawu sejak seminggu terakhir,” kata salah satu anggota tim SAR dari jalur Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, Nuryanto.
Dengan dikirimnya tim dari Unit SAR Unpad diharapkan dapat mempercepat proses pencarian dan bisa memberikan progres kabar gembira mengenai pendaki yang hilang tersebut bagi keluarganya. (mar)*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s