SAR Unpad Raih Juara Runner Up di Adventure Orienteering Challenge 2012

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search and Rescue (SAR) Unpad berhasil meraih gelar runner up pada ajang Adventure Orienteering Challenge 2012. Kompetisi yang diadakan oleh UKM pecinta alam Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Mapaligi ini, dilaksanakan pada 14-15 Juli 2012 lalu, di Gunung Bukit Tunggul, Lembang. Unit SAR Unpad mengirimkan tim yang terdiri dari M. Reza Widiatmo (FTG), Oktarian Iskandar (FTG) dan Nanda Aviori (FTG). Kompetisi ini terbuka untuk kalangan umum, dengan peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Bogor, dan Solo.


Uploaded with ImageShack.us

Tim SAR Unpad yang meraih prestasi di Adventure Orienteering Challenge 2012 *
Kegiatan Adventure Orienteering Challenge 2012 ini merupakan lomba navigasi dengan target pengumpulan poin terbanyak. Poin didapat dengan mencapai berbagai checkpoint yang ditentukan dari koordinat yang diberikan oleh panitia. Nilai poin bervariasi bergantung dengan jarak dan tingkat kesulitan pencapaian checkpoint. Pengumpulan poin harus diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 jam. Toleransi waktu yang diberikan 30 menit sebelum didiskualifikasi, tetapi dengan hukuman pengurangan poin sesuai dengan waktu keterlambatan.

“Kompetisi ini cukup menantang bagi Unit SAR Unpad karena kompetisi seperti ini jarang kita ikuti, sehingga ini merupakan pengalaman yang pertama bagi kita, dan alhamdulillah kita bisa mendapat juara 2,” ujar Reza.

Dari maksimal 6000 poin, tim Unit SAR Unpad berhasil mengumpulkan 4200 poin dalam waktu 3 jam 45 menit. Navigasi dilakukan dengan metode manual, yaitu kompas, peta dan protaktor. Bagi unit SAR Unpad, ajang ini menjadi ajang berlatih ilmu navigasi, agar siap diaplikasikan pada Operasi “Search and Rescue” yang sebenarnya dan menjalin silaturahmi dengan sesama penggiat alam.
Pada kesempatan tersebut Unit SAR Unpad sedikit mendapat gangguan, karena salah satu dari anggotanya sempat mengalami kambuhnya cedera engkle yang dulu pernah dialaminya sehingga pergerakannya sempat terhambat sekitar 5 menit. Namun, faktor yang membuat mereka cukup kesulitan ialah dalam penentuan rute yang akan diambil, karena terdapat 2 daerah yang memiliki poin yang sangat besar yang membuat mereka cukup tergiur untuk mendatangi kedua daerah tersebut.
“Namun dikarenakan adanya sistem penalty bagi yang terlambat, maka kami harus menentukan strategi yang bagus dan efisien agar kami dapat mengumpulkan banyak poin dalam waktu yang singkat,” jelas Reza.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa dengan mengikuti kompetisi seperti ini banyak hal yang didapat oleh Unit SAR Unpad, seperti menambah pertemanan dengan penggiat alam dari daerah lain, menambah pengalaman, memberikan motivasi bagi junior agar bisa lebih baik dari pada seniornya, dan yang jelas mengharumkan Unit SAR Unpad dan Unpad khususnya.

rilis http://www.unpad.ac.id/archives/58235

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s