CATATAN PERJALANAN: LATIHAN MEDAN OPERASI GUNUNG HUTAN AM.SAR.XXIII.019 Ega Pratama

CATATAN PERJALANAN

MABIM GUNUNG HUTAN UNIT SAR UNPAD ANGKATAN XXIII

EGA PRATAMA

Hari pertama, 15 Agustus 2013

Setelah melengkapi perbekalan logistik pribadi dan tim, dan memastikan packing dengan tepat kami memulai keberangkatan dari sekre Unit SAR Unpad sekitar pukul 22.00 WIB. Perjalanan menuju area Ranca Upas ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dengan memakan waktu sekitar dua jam. Setelah sampai di kawasan Ranca Upas, kami memutuskan bermalam di tanah lapang dekat komplek warung.

Hari Kedua, 16 Agustus 2013

Pukul 06.00 WIB kami sudah harus bangun, untuk melakukan aktivitas bina jasmani. Setelah sarapan dan packing kami melanjutkan perjalanan menuju tempat basecamp yg diputuskan berada di  lembahan selatan Gunung puncakan 2020.

Mabim gunung hutan dimulai dengan pemberian materi dari kang Ardi mereview materi navigasi dan komunikasi lapangan. Setelah dibagi menjadi tiga tim juga diberi tugas menuju puncakan yang berbeda, saya bersama Tika dan Danang di dampingi Kang Adit harus menuju puncakan 2020. Kami memulai bernavigasi dan orientasi medan untuk menentukan titik lokasi kami berada, setelah mengetahui posisi, kami memutuskan untuk menggunakan jalur punggungan puncakan 2020 yang ada di sebelah timur posisi kami. Selama perjalanan kami selalu mengecek posisi dengan acuan titik ekstrim Gunung Cadaspanjang dan Gunung rakutak yang berada di sebelah barat dan timur puncakan 2020. Sekitar pukul 16.30 WIB kami sampai ke tujuan puncakan 2020, setelah mendirikan flysheet dan makan siang, tak lama hadir tim Iqbal, Carmel, dan Hani yang seharusnya menuju puncak Gunung Cadaspanjang.

Setelah evaluasi tim, kami turun menuju basecamp, dan sampai sebelum gelap. Kami melanjutkan dengan kegiatan MCK, dan sekitar pukul 20.00 WIB melakukan evaluasi keseluruhan.

Malam itu juga kami briefing untuk simulasi ESAR keesokan harinya dengan mendapat laporan orang hilang yang bernama Subur Alexander beserta ciri khusus dan barang yang dia bawa ketika melakukan latihan navigasi di sekitar Gunung Kolotok dan Gunung Cadaspanjang.

Hari Ketiga, 17 Agustus 2013

ESAR hari pertama, dilakukan oleh dua tim, yaitu tim PPS yang diketuai Iqbal Aulia, Carnelita, Hani dan Saya sendiri, dan tim Kontribusyi yang diketuai oleh Danang, Dito, Karin, dan Tika.

Tim PPS ditugaskan untuk menyisir rute jalan menuju puncak Gunung Kolotok. Pukul 10.28 WIB kami memulai pergerakan dengan berorientasi medan untuk menentukan posisi awal. Basecom pada peta. Setelah diplot kami memutuskan perjalanan menyusuri garis kontur menuju puncak kolotok.

Pada pukul 11.36 WIB kami menemukan sumber air, kami menemukan bekas perapian, baterai, dan tutup botol, kemungkinan milik survivor. Kami memutuskan untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan pada pukul 12.00 WIB.

Pukul 12.07 WIB kami memasang marker karena menemukan jejak survivor berupa rangka bivak. Melanjutkan perjalan ke suatu lembahan cukup terbuka, dan kami melakukan penentuan posisi kembali. Pada pukul 12.51 WIB kami menemukan sumber air dan memtuskan untuk beristirahat makan siang. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan mendaki ke lembahan gunung kolotok, karena hujan turun pada pukul 14.30 WIB kami memutuskan untuk mengikuti jalan setapak. Dan ketika waktu sudah menunjukan pukul 16.00 WIB kami menghentikan pergerakan, tetapi atas persetujuan tim kami memutuskan untuk mendaki saddle menuju puncakan karena kami piker akan lebih aman jika berada pada puncakan dalam kondisi hari mulai gelap dan hujan.

Pada pukul 17.45 WIB kami sampai dipuncakan, tetapi kami sulit menentukan posisi karena hari mulai gelap dan sulit untuk orientasi medan, kami putuskan untuk bermalam disana dan melapor kepada basecom pukul 20.00 WIB.

Hari Keempat, 18 Agustus 2013

Pukul 06.15 WIB kami memulai aktivitas dengan sarapan dan packing lalu berorientasi medan dan menyimpulkan bahwa kami salah puncakan, yaitu berada di barat laut gunung kolotok. Pada pukul 09.00 WIB kami dijemput oleh kolat Ajis dan Bayu dan diberi sudut 205 derajat potong kompas, dengan menggunakan pencarian tipe 3.

Setelah 15menit pergerakan kami merubah sudut kompas menjadi 220 derajat yang diintruksikan oleh kolat Bayu. Setelah menyusuri puncakan yang sangat curam, pada pukul 14.45 WIB kami memutuskan untuk mengubah tipe pencarian untuk menyusuri jalan setapak karena hari mulai hujan. Ternyata kami sampai di suatu saddle dan ,memutuskan untuk beristirahat. Setelah orientasi medan ternyata kita berada di utara puncakan 2020, melenceng tipis dari tujuan, dan ditempat tujuan sudah ada tim kontribusyi menunggu.

Pada pukul 17.45 kami sampai di lokasi tim kontribusyi atas saran dari SMC kang Aseng. Kami membuat shelter dan menemukan jejak “SUBUR” dan melapor basecom pada pukul 20.00 WIB.

Hari Kelima, 19 Agustus 2013

Pukul 08.00 WIB kami memulai pergerakan menggunakan tipe 3 karena ada informasi survivor ditemukan. Baru saja melakukan pergerakan ada intruksi dari basecom untuk menghentikan pergerakan sampai pukul 10.53 WIB karena ada hal yang dapat membahayakan kedua tim. Setelah melanjutkan perjalanan kami memutuskan beristirahat pada pukul 12.00 WIB, tidak lama mendengar suara survivor. Setelah dicari sumber suara kami menemukan survivor pada pukul 12.50 WIB dan mengevakuasinya.

Pada pukul 15.00 WIB kami berhasil mengevakuasi survivor dan menuju tempat materi jungle survival. Kami memulai materi dengan membuat bivak alam dan mencari makanan dari tanaman sekitar dan udang di sungai.

Malam harinya kami mendapat materi tidur kalong untuk berjaga dari bahaya binatang buas, tetapi malam itu tidur dilanjutkan di bivak alam masing-masing.

Keesokan harinya kami bangun sekitar pukul 08.00 WIB dan melanjutkan materi botani praktis. Sampai siang hari dan mabim gunung hutan resmi ditutup. Kami kembali ke kompleks warung Ranca Upas dan menunggu jemputan transport untuk kembali ke Jatinangor sekitar pukul 19.00 WIB.