CATATAN PERJALANAN: LATIHAN MEDAN OPERASI GUNUNG HUTAN AM.SAR.XXIII.016 Raden Ghani

LAPORAN PERJALANAN GUNHUT Laporan perjalanan mabim gunung hutan merupakan suatu bagian dari pengambilan nomor SAR UNPAD. Maka dari itu harus dibarengi dengan membuat sebuah laporan perjalanannya agar apa yang didapat dari mabim tersebut dapat bermanfaat untuk diri kita,walaupun bentuk laporan yang dibuat ini entah dalam bentuk apayang penting ada. Perjalanan mabim gunhut pada tanggal 15 sampai 20 agustus 2013 bertempatan di rancaupas saya lakukan susulan jadi tidak full semuanya ikut dikarenakan ada hal lain yang harus dilakukan. Dimulai sebelum pemberangkatan pada tanggal 17 malam saya pergi dari bogor dengan penuh perjuangan mulai dari kehujan sebelum sampai terminal bis kemudian ke hujanan terus kedinginan kena ac sampai saatnya sampai di terminal leuwipanjang. Lalu saya ke rumah nenek terlebih dahulu untuk mengambil motor lalu langsung berangkat menuju jatinangor pada waktu malam hari. Sesudah sampai di kontrakan lalu packing barang bawaan itu sekitar satu jam lalu jam 1 malam saya berangkat ke rancaupas dengan motor.ketika memulai perjalan di daerah soekarno hatta ban saya bocor 4 lubang kena paku lalu di tambal. Ketika sudah di tambal lalu perjalanan saya mulai kembali menuju rancaupas tapi karena faktor dingin saya berhentikan di pom bensin sekitaran kopo untuk istirahatdan tidur. Lalu sekitar subuh saya berangkatkan lagi menuju kampung cai rancaupas dan sesampainya disana jam 6 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan saya didampingi mang aseng menuju para AM yang sedang melakukan simulasi essar yah tapi sayangnya saya melwati materi navigasi darat. Sesudah sampainya di ketemukannya saya dengan para rescuer yg berjumlahkan 4 orang saya langsung bergabung mencari survivor yang bernama subur yang hilang di daerah gunung klotok disebabkan dia ingin maen ke gunung sendiri karena tidak body sistem itu jaadi dia tersesat. Sesudah itu saya dan para rescuer lainnya mencari subur dengan banyak di ketemukannya jejak berupa bungkus mie, botol, bipak alam peta. Ketika memulai pencarian kita terkadang tersesat yah mungkin kurangnya kita meneliti orientasi medannya makannya tersesat sampai kita mencarinya dengan sistem pencarian open gride samapai naik turun gunung.akhirnya di ketemukannya survivor bernama subur pada sudah 2 hari mencarinya di lembahan gunung lalu kami merescue survivor tersebut. Pada 1 hari sebelum pulang kami mendapatkan materi dan pelatihan jungle survivor saya dan lain membuat bipak alam dan mencari makanan se adanya di hutan rancaupas. Makannay yang diperoleh yaitu udang,gedebok pisang dan pakis haji. Lalu pada mala harinya kami di ajarkan tidur kalong di pohon itu terasa tidak enak sekali tidur kalong terasa sangat menyiksa untuk para lelaki yang tidur kalong di pohon.sesudah keesokan harinya pada sekitar tanggal 20 agustus 2013 mabim kami pun telah sudah dilakukan. Sekian laporan perjalanan gunhut yang saya buat saya yakin kalo laporan ini dibaca yang membacanya tidak akan mengerti dengan tulisan laporan ini boro boro ngerti tulis tangan saya saja orang-orang tidak mengerti tulisannya apalagi membuat tulisan di laptop. Untuk yang tidak mengerti tulisan saya ini saya mohon maaf karena saya bikin laporan terburu buru. Semoga di lain waktu saya bisa menulis lebih baik lagi. Apabila banyak kesalahan dalam penulisan laporan ini emang pasti banyak sih atau mengaganggap laporan ini tidak pantas di sebut sebagai laporan mohon kritik dan sarannya saja terima kasih.

Leave a Reply

